Featured Post

Mudahnya perpanjang STNK dengan eSAMSAT

Awalnya saya menyangka STNK motor saya itu habis masa berlakunya bulan Juni ini. Ternyata oh ternyata setelah dilihat lagi, tanggal berlaku...

Sep 21, 2010

Jimat

Jimat
Jimat

Jimat. Dalam novel yang berjudul Maryamah Karpov, sang penulis Andrea Hirata menyisipkan sisi kepercayaan mistis yang dianut oleh masyarakat yang hidup di daerah kepulauan Belitung dan sekitarnya sampai Kalimantan dan semenannjung Malaka (Malaysia). Dalam novel tersebut diceritakan tentang jimat-jimat yang biasa dipakai oleh 'orang pintar' di kawasan itu, seperti buntut cicak bercabang dan sebagainya.

Jimat merupakan produk budaya peradaban manusia diseluruh dunia. Di Indonesia sudah jelas, mau di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dsb, semua mengenal jimat. Di belahan dunia lain pun, jimat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakatnya. Di Cina dikenal "Hu", di Amerika terutama suku Indiannya, menggunakan tulang atau gigi atau bagian tubuh hewan lainnya sebagai jimat. Di India mungkin lain lagi, di Afrika mungkin beda lagi.

Jimat digunakan manusia sebagai 'penambah kekuatan'. Entah itu kekuatan tenaga, kekuatan tubuh terhadap penyakit, kekuatan pengaruh terhadap orang, dsb. Orang yang mengenakan jimat, rasa percaya dirinya menjadi berlipat, karena dia yakin, dia mendapat 'bantuan' dari sang jimat.

Di jaman sekarang ini, dimana masyrakat sudah "modern", kepercayaan orang-orang akan jimat sudah banyak berkurang. Bahkan mungkin di kita, orang yang memakai jimat itu akan ditertawakan. Pemakai jimat akan dianggap kuno, atau ketinggalan jaman bahkan dicap sesat.

Sekarang mari kita buat suatu analisa kecil-kecilan yang tidak ilmiah he..he..he. soalnya kalau mau ilmiah harus melakukan penelitian.

Analisa tersebut berangkat dari pertanyaan:
Apa itu jimat?
Apa saja yang termasuk kategori jimat ?

Mari kita jawab satu persatu.
Apa itu jimat?
Sederhananya, jimat adalah suatu benda yang dipakai oleh seseorang dengan kepercayaan bahwa benda tersebut bisa membawa pengaruh pada dirinnya atau pada lingkungan sekitarnya.

Apa saja yang termasuk kategori jimat?
Wah kalau ini jawabanya bisa sangat panjang. Soalnya jenisnya banyak dan tiap masyarakat punya jimat versi mereka masing-masing. Jadi di skip aja ya, soalnya kalau tulisan ini terlalu panjang, membacanya juga males. ya nggak?

***

Coba tebak, apa saja benda yang paling sering dipasang orang di kendaraannya? Ya, meskipun belum tentu di peringkat pertama, tapi benda yang paling sering dipasang orang di kendaraannya adalah Stiker TNI atau Polri. Kalo engga, emblem DPR atau sejenisnya. Kalo engga, tulisan "PERS" sama "FILM". Ya nggak?

Kira-kira, apa sih tujuan orang masang-masang stiker TNI/Polri atau memajang tulisan "PERS" atau "FILM" di kendaraan mereka? Kalau menurut saya sih, tujuannya biar 'menambah kekuatan' mereka. he..he..he.. kalau begitu, stiker TNI/Polri atau emblem DPR/Lembaga Negara atau tulisan "PERS" dan "FILM" tersebut bisa dikategorikan "Jimat" dong. Betul?

Berarti Masyarakat "modern" atau masyarakat "Tradisional" sama saja. Sama-sama senang memakai jimat, biar "kekuatannya bertambah". Cuma jenisnya aja beda, dan cara kerjanya beda.

Kalau masyarakat "Tradisional" menggunakan jimat yang cara kerjanya, mungkin, memanfaatkan kekuatan "Jin atau Syetan". Maka masyarakat "Modern" menggunakan jimat yang cara kerjanya, hmmm... cara kerjanya gimana ya?