Featured Post

Legenda Olah Raga Indonesia

Pada masa kejayaannya, dunia olah raga Indonesia menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kawasan Asia bahkan dunia. Atlit-atlit Indonesia d...

Oct 29, 2012

Gotong Royong Mencerdaskan Bangsa


Masih ingat "Koin Prita"? masih lah ya. Jadi nggak perlu saya ceritakan lagi apa, siapa, kenapanya ^_^. Saat itu Koin Prita yang terkumpul totalnya Rp. 810.940.402 (detik.com). Yang  ingin saya bahas disini bukan kasus Prita-nya, melainkan kekuatan "gotong-royong".

Gotong-royong, kata yang telah kita kenal sejak SD, maknanya juga saya yakin semua sudah tahu, namun apakah kita telah mengamalkannya? .... errr... kalo saya mah jaraaaaanngggg banget ^_^

Ketika bicara gotong-royong, maka kita membicarakan sebuah kekuatan yang sangat besar. Dengan gotong-royong, meski seorang mengumpulkan satu keping koin Rp. 500,-, kalau orang yang berpartisipasinya ada satu juta , maka yang terkumpul adalah Rp. 500juta. Sebuah jumlah yang sangat besar bukan?

**
Di dunia Internet, sekarang ini ada sebuah fenomena besar di bidang pendidikan. Fenomena ini adalah "Khan Academy" (www.khanacademy.org), sebuah website berisi video-video yang menjelaskan berbagai bidang pendidikan, mulai matematika, biologi, sejarah, seni, ekonomi dan keuangan, komputer, dan banyak lagi. Di website ini ada lebih dari 32000 video. Dan kesemuanya berisi materi-materi pendidikan yang luar biasa.

Sayangnya, penjelasan ilmu dalam video-video tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris. Bagi kita yang terbiasa cas cis cus berbahasa Ingris, mungkin tidak akan kesulitan untuk menyimak dan menyerap ilmu yang disampaikannya. Tapi bagaimana dengan anak-anak, kerabat, teman-teman kita yang tidak bisa bahasa Inggris?

Jika video tersebut ada terjemahannya atau di dubbing bahasa Indonesia seperti di TV-TV, tentulah akan sangat membantu bukan? "Tapi bro, 32000 video siapa yang sanggup menerjemahkan dan mendubbingnya? Superman aja mesti tapa lagi kali" ^_^

Untunglah kita orang Indonesia yang mempunyai budaya gotong-royong. 32000 video adalah jumlah yang sangat besar. Namun jika kita bergotong-royong menterjemahkannya, maka hal itu tidaklah mustahil.

"Bro, kita kan banyak kerjaan, mana ada waktu ngurusin begituan?" Ya memang, kita mungkin tidak bisa melakukannya karena berbagai hal. Namun siapa tahu diantara kita ada yang mempunyai anak, keponakan, saudara, tetangga yang kebetulan mahasiswa jurusan sastra Inggris, atau mahasiswa apapun yang punya rasa peduli, atau pelajar, atau umum yang kebetulan punya waktu luang.

Kita bisa sampaikan ide ini kepada mereka dan mengajak mereka ikut bergotong-royong. Jika ada yang berminat, silahkan follow twitternya @khanacademyindo. Itu twitternya komunitas khanacademy Indonesia.

Bisa juga langsung beraksi ^_^ dengan membuka website www.khanacademy.org lalu klik link "Volunteer", disana ada dua pilihan Aksi yang bisa kita lakukan, membuat subtitle bahasa Indonesia atau Mendubbing Video yang ada dengan bahasa Indonesia.

Ada baiknya jika kita berkomunikasi dengan sesama penggiat di twitternya, sehingga aksi kita menjadi lebih terkoordinasi. Mana video yang sudah digarap, mana yang belum.

Satu aksi lagi yang tidak kalah pentingnya, yakni menyimpan video-video tersebut di Indonesia atau istilahnya "mirroring" website www.khanacademy.org. Ini pekerjaan yang besar juga, dan target sukarelawannya lebih spesifik lagi, yakni orang-orang yang mengerti per-website-an.

Dengan disimpannya video-video tersebut di Indonesia, maka orang yang mengakses video, relatif bisa lebih cepat, karena tidak perlu jauh-jauh mengakses ke luar negri.

Mudah-mudahan saja tulisan ini bisa menyebar sangat cepat ke seantero jagat dan menyentuh hati para ksatria berhati mulia. Sehingga proyek besar mencerdaskan bangsa, bisa terlaksana dengan kekuatan gotong-royong. Amiin.