Featured Post

Legenda Olah Raga Indonesia

Pada masa kejayaannya, dunia olah raga Indonesia menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kawasan Asia bahkan dunia. Atlit-atlit Indonesia d...

Feb 25, 2014

Bisnis Agen Tiket & Loket


Ulasan Asia Wisata di Republika - sumber: asiawisata.com

Sekarang ini kalau kita mau membeli pulsa telpon, kita gak perlu jauh-jauh ke counter HP. Biasanya ada saja teman-teman kita yang menjual pulsa telpon semua operator secara elektronik. Caranya pun gampang, cukup bilang ke teman kita, mau beli pulsa untuk operator apa, nominal pulsanya berapa. Dia sebutkan harga pulsa tersebut berapa rupiah, kita bayar. Lalu si temen kita itu mengambil handphonenya, kirim SMS ke suatu tempat dan.... beberapa saat kemudian pulsa HP kita sudah terisi. Gampang kan?

Nah ternyata sistem pembelian "ghaib" seperti ini sudah meluas ke bidang-bidang lainnya. Tidak hanya pulsa telpon, kita bisa beli pulsa Listrik, voucher Game online, bayar air, cicilan motor, sampai pembelian Tiket Pesawat.

Ngomong-ngomong tiket pesawat, makin kesini orang-orang makin suka jalan-jalan. Berkunjung ke berbagai tempat wisata baik dalam maupun luar negri seakan menjadi kebutuhan pokok, setelah makan, pakaian, tempat tinggal dan gadget ^_^ Apalagi sekarang hobi baru ini didukung oleh berbagai fasilitas yang nyaman sekaligus murah. Misalnya, sekarang maskapai-maskapai penerbangan sering mengadakan promo tiket murah ke berbagai tujuan. Belum lagi hotel dan tempat wisata sering kali mengadakan berbagai promo untuk menarik pengunjung.

Hal tersebut disadari oleh sebuah perusahaan agen tiket bernama Asia Wisata. Melihat peluang yang sangat besar dibidang jasa agen tiket, Asia Wisata mengembangkan sebuah sistem online pemesanan tiket. Sistem ini mengintegrasikan sistem booking dari maskapai-maskapai penerbangan dalam negeri, sehingga dengan menggunakan sistem ini kita bisa membeli tiket berbagai maskapai penerbangan di satu pintu.

Mengingat potensinya yang sangat besar, jasa agen tiket Asia Wisata kemudian mengembangkan sistem kemitraan berupa Franchise dan Keagenan. Setiap orang bisa menjadi berjualan tiket dengan menjadi Agen maupun Franchisee Asia Wisata.

Diungkap dalam sebuah kesempatan seminar bertajuk "Mengupas tuntas prospek bisnis Asia Wisata", yang diselenggarakan di Hotel Nalendra, tanggal 23 Februari 2014. Bertindak selaku pembicara adalah Bapak Agustian selaku Partnership Manager Asia Wisata dan Raynold J. Surbakti selaku Brand Ambassador Asia Wisata. Acara tersebut dipandu oleh MC Kang Arul.

Bang Raynold menceritakan pengalamannya "main" Asia Wisata. Ceritanya, sebelum didapuk menjadi Brand Ambassador Asia Wisata, Bang Raynold terlebih dahulu menjadi "agen biasa". Bisnis agen tiket dia jalani sebagai sampingan dari pekerjaan utamanya sebagai seorang Artis. Ternyata bisnis sampingannya ini berjalan mulus, dan dalam waktu tidak lama, dia naik pangkat dari agen biasa menjadi Franchisee. Dan belakangan pangkatnya naik lagi menjadi Brand Ambassador. ^_^

Mengapa bang Raynold memilih Asia Wisata? menurut pertimbangannya, sebuah bisnis apalagi bisnis jualan Tiket, elektronik lagi, haruslah memiliki tiga hal, yakni:
  1. Legalitas, si bisnis ini jelas status hukumnya,
  2. Keamanan, transaksi elektroniknya aman,
  3. Kemudahan, operasional bisnisnya mudah tidak njlimet,
Kesemua persyaratan tersebut ada di Asia Wisata, makanya Bang Raynold pun menjatuhkan pilihannya ke bisnis ini.

Berdiri sejak tahun 2010 akhir, Asia Wisata meski terhitung muda, mampu bersaing bahkan mengungguli pemain-pemain lain di bisnis agen tiket ini. Sederet prestasi berhasil ditorehkannya diantaranya:
  • Dalam waktu tiga tahun telah mempunyai 50 Cabang/Franchisee dan 1133 agen
  • Masuk 10 besar travel agent terbaik di Indonesia
  • Penghargaan sebagai agen terbaik dari beberapa maskapai penerbangan
  • Omset mencapai 181 Milyar
 Prestasi tersebut berhasil diraih Asia Wisata karena satu hal, Kepercayaan. Kepercayaan dari konsumen dan kepercayaan dari mitra-mitranya yakni para agen dan franchisee. Kepercayaan ini timbul berkat operasional bisnisnya yang transparan. Baik Mitra maupun Konsumen mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya dari semua produk Asia Wisata, terutama masalah uang. Kalau sudah menyangkut uang, Asia Wisata menerapkan kebijakan ketat dan transparan.

Bagaimana caranya kalau kita mau menjadi mitra?

Kemitraan di Asia Wisata dibagi 2:
  • Agen
  • Franchisee (cabang)

Agen, bisa siapa saja, perorangan maupun badan, namun Franchisee haruslah berupa suatu badan.

Ketika kita sudah menjadi agen, maka kita bisa menjual tiket dengan cara membuka website www.ibe.co.id trus login dengan account kita. Selanjutnya proses pesanan sampai keluar kode booking. Nah, kode booking inilah yang kita berikan ke si pembeli tiket (setelah si pembeli membayar harganya terlebih dahulu tentunya ^_^). Nanti, si pembeli tiket ini datang ke Bandara, menuju ke tempat check-in maskapai, lalu menunjukkan kode booking tsb sebagai tanda tiket. Mudah bukan?

Adapun kalau franchise, secara proses sama, bedanya, kalau Agen kita hanya mempunyai 1 account login ke ibe.co.id kalau franchise itu 5 account. Trus Franchise itu berhak menggunakan merk Asia Wisata.

Bisnis agen tiket ini tetap membutuhkan modal meski relatif terjangkau. Jika kita mau menjadi Agen, kita harus menyiapkan dana minimal 3,5 juta untuk biaya registrasi ke Asia Wisata. Selain itu kita juga harus melakukan top up, alias menyimpan dana di Asia Wisata. Analoginya, kalau kita mau jualan pulsa HP, maka kita harus menyimpan sejumlah dana di distributor kita sebagai saldo, nanti setiap ada orang beli pulsa, kita kirim sms ke distributor, lalu si distributor mengirimkan pulsa ke si pembeli. Nah, besar nominal pulsa yang dikirim ke pembeli ini, akan diambil dari saldo yang kita miliki. Kalau saldo kita di distributor habis, otomatis kita tidak bisa jualan.

Hal yang sama juga berlaku saat kita menjadi Agen Asia Wisata dan berjualan tiket.

Salah satu Franchisee Asia Wisata - sumber: erkamitra.blogspot.com

Untuk menjadi Franchisee modalnya lebih besar lagi, biaya pendaftarannya 35 juta. Tapi jangan ngedrop dulu, uang 35 juta itu ada itung-itungannya, buat ini, ini, ini dan ini. Si ini-ini itu diantaranya:
  • Berbagai dokumen dan proses pengurusan legalitas badan usaha Franchise kita diurus oleh Asia Wisata, seperti: Akta Notaris PT, SIUP, TDP, Domisili, Perjanjian kerjasama yang disahkan notaris, ijin Penyelenggaraan Biro Perjalanan Wisata.
  • Berhak menggunakan nama Asia Wisata dan menjalankan semua lini bisnis Asia Wisata selama 3 tahun
  • Pelatihan management travel dan marketing oleh Asia Wisata Pusat
  • Pelatihan staf ticketing dan training sesuai SOP Asia Wisata Pusat
  • Panduan Sistem Pencatatan dan Pelaporaan Tiket dari Asia Wisata Pusat
  • Sistem reservasi online untuk booking, Issued dan print tiket sendiri (PTS)
  • User ID Management dan password master untuk user booking dan issued tiket
  • 2 unit komputer, 1 unit printer, 1 unit mesin Fax/combo dengan pinter
  • Neon Box ukuran 300cm x 90cm, stiker airlines domestic dan internasional, spanduk, X-Banner
  • 2 potong seragam Asia Wisata
  • 2 Stempel Asia Wisata, 1 rim kop surat Asia Wisata, 10 buku invoice Asia Wisata, 10 box kartu nama Asia Wisata
 Tapi itu belum termasuk biaya sewa tempat/kantor.

Itung-itungan bisnis

Yang namanya bisnis tentulah mau untung, betul? ^_^ Nah, bisnis agen tiket Asia Wisata juga tentunya mempunyai itung-itungan sehingga kita mendapatkan untung.Sebelum melihat ke perhitungan bisnis yang rumit, kita lihat saja perhitungan untung dari penjualan satu tiket.

Harga Tiket - Harga Net to Agent = Fee

Fee - 30% -1% = Fee agen

-------
Harga Tiket  = Harga yang dibayar oleh pembeli tiket
Harga Net to Agent = Harga tiket maskapai yang dijual ke agen
Fee = selisih Harga Tiket - Harga Net to Agent
30% = bagian Asia Wisata
 1% = PPN
Fee agen = Keuntungan penjualan yang kita peroleh sebagai agen.

Nah, bagi Franchisee, angka 30% itu tidak ada. Jadi Fee itu seluruhnya jadi milik Franchisee, paling dikurangi 1% PPN.


Produk-produk Asia Wisata
Asia Wisata sebenarnya tidak hanya menjual tiket (Pesawat Terbang & Kereta), tapi juga menyelenggarakan paket perjalanan wisata, Haji dan Umroh, loket pembayaran PLN, Cicilan kendaraan bermotor, voucher hotel, dsb.

Ok, kalau butuh info lebih lanjut silahkan buka websitenya www.asiawisata.com dan www.agentiket.net atau datang ke kantor pusat Asia Wisata:

Asia Wisata
Jl. Basuki Rahmat No.25 Jakarta Timur 13350
Web: www.agentiket.net
Email: mitra@asiawisata.com
Tlp: 021-8517262

Foto bareng Brand Ambassador Asia Wisata bang Raynold J. Surbakti
Selamat berbisnis ^_^

 ***
@aa_irpan