Featured Post

Legenda Olah Raga Indonesia

Pada masa kejayaannya, dunia olah raga Indonesia menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kawasan Asia bahkan dunia. Atlit-atlit Indonesia d...

Jul 18, 2014

The Medieval Banquet, mesin waktu ke Abad Pertengahan

Kadang-kadang saya suka berkhayal bahwa saya ini reinkarnasi dari seorang Ksatria Abad Pertengahan (Medieval Age). Entah kenapa saya suka sekali melihat baju zirah dan berharap suatu saat bisa memiliki dan memakainya ^_^. Membayangkan mengenakan baju zirah lengkap dan menunggangi kuda, rasanya.... it's must be epic!

Ksatria berbaju zirah.
sumber: siscamardhian.blogspot.com

Tidak hanya suka melihat baju zirah, saya juga suka musik Celtic, terutama alunan flutenya. Ketika mendengar musik-musik Celtic benak saya membayangkan padang rumput dengan liukan sungai di kejauhan, yang disebrangnya berderet gunung-gunung yang puncaknya tertutup salju. Saya menunggangi kuda menyebrangi padang rumput tersebut. Angin semilir bertiup membelai surai kuda yang saya tunggangi. Sungguh damai...


Sepertinya, didorong oleh hal-hal tersebut saya sangat suka film bertemakan Abad Pertengahan: ksatria berkuda, perang kolosal, putri-putri cantik di menara Kastil, Kastil-Kastil yang dikelilingi tembok dan parit lebar, semuanya! Menurut saya abad pertengahan itu sungguh romantis sekaligus gagah. Ehm... itu kan gue banget ^_^

Abad Pertengahan tidak mungkin terulang kembali. Sekarang saya hidup di era millenium ketiga
yang serba modern dan serba canggih. Romantisme abad pertengahan mungkin hanya ada di film-film saja. Namun demikian saya tetap ingin merasakan atmosfir itu. Suasana Abad Pertengahan.

Thanks to Internet, saya bisa dapat informasi mengenai tempat yang "masih hidup di abad pertengahan" ^_^ Tempat itu bernama The Medieval Banquet, sebuah tempat yang menjadikan dirinya mesin waktu dimana kita bisa memutar waktu dan hidup kembali di Abad Pertengahan.

The Medieval Banquet bertempat di Kota London, tepatnya di Ivory House, St. Katherine Docks.



The Medieval Banquet menyediakan pengalaman Abad Pertengahan didalamnya. Mulai dari suasana dan dekorasi tempat, pakaian, makanan, sampai pertarungan dengan menggunakan pedang, semuanya bernuansa Medieval Age alias Abad Pertengahan.

"King Henry VIII" dan rakyatnya di The Medieval Banquet.
sumber: www.medievalbanquet.com

Menu makanan abad pertengahan disajikan oleh para "Wench"
sumber: www.medievalbanquet.com

Pertarungan pedang lengkap dengan baju zirah
sumber: uk-offers.timeout.com

Kita juga bisa menyewa kostum dan berdandan ala Abad Pertengahan
sumber: www.bestvaluetours.co.uk

Banquet adalah jamuan makan yang diselenggarakan untuk merayakan sesuatu. Nah di The Medieval Banquet, kita seolah menghadiri jamuan makan malam di istananya King Henry VIII. Acaranya yang utama tentunya makan-makan. Sambil makan, kita akan disuguhi berbagai pertunjukkan ala Istana Raja Abad Pertengahan, seperti nyanyian, tarian, akrobat, badut, sampai pertarungan para ksatria. Tentu saja pertarungan para ksatria ini hanyalah sandiwara, dan gerakan pertarungannya adalah koreografi.



Untuk bisa menikmati jamuan makan di "istananya King Henry VIII" ini kita harus membayar sebesar £50/orang untuk dewasa dan £30/orang untuk anak-anak usia 4-17 tahun. Itu untuk makan-makannya saja. Kalau kita mau menyewa kostumnya dikenakan biaya tambahan sebesar £10/kostum belum termasuk penutup kepala. Penutup kepala biayanya ada lagi £5 - £10 tergatung jenis tutup kepalanya. Ya.... kalau dirupiahkan lumayan juga, harga-harga tersebut kalikan saja Rp. 20.000,-  ^_^

Namun menurut saya itu worthed kok, apalagi saya suka sekali dengan hal-hal yang berbau Abad Pertengahan.

The Medieval Banquet ini lokasinya ternyata tidak jauh dari The Tower of London, salah satu tujuan wisata terkenal di kota London. Bangunan Kastil yang dibangun pada tahun 1078 M ini sampai sekarang masih kokoh berdiri. Dalam perjalanannya Kastil ini menjadi saksi sejarah dari jatuh bangunnya para penguasa tanah Inggris Raya.

Kompleks Kastil the Tower of London
sumber: wikipedia.org

Bagian dalam kompleks Kastil the Tower of London
sumber: flickr.com






Dan saat ini the Tower of London atau yang nama resminya adalah: London Borough of Tower Hamlets menjadi tempat disimpannya The Crown Jewels of the United Kingdom.

Untuk mencapai tempat ini, dari The Medieval Banquet, kita cukup jalan kaki ke arah barat. Jaraknya tidak sampai 500 meter. Lengkaplah sudah pengalaman "Abad Pertengahan" kita. Kita menghadiri Banquetnya King Henry VIII disempurnakan dengan mengunjungi Kastil yang telah berdiri selama seribu tahun lebih.

Selain the Tower of London, The Medieval Banquet juga dekat dengan the Tower Bridge, salah satu ikon kota London. Di depan kompleks Kastil the Tower of London membentang sungai Thames dan disamping kompleks, disitulah terbentang jembatan the Tower Bridge.

Jembatan the Tower Bridge, tepat didepan the Tower of London
sumber: www.the-london-connection.com

Jembatan kokoh yang telah berdiri selama 120 tahun ini dibangun selama sewindu, dari tahun 1886-1894.  Perancangnya adalah Sir Horace Jones bekerjasama dengan Sir John Wolfe Barry. Dibangun untuk mengatasi masalah lalulintas barang dan orang seiring pesatnya perkembangan ekonomi di kota London, jembatan the Tower Bridge memiliki desain khusus yakni bertipe "Bascule". Dengan demikian lalulintas di jalan darat maupun lalulintas di sungai bisa diakomodasi.

Nah, dengan berkunjung ke The Medieval Banquet, kita seolah menaiki mesin waktu dan mengalami "Abad Pertengahan". Pengalaman ini disempurnakan oleh Kastil the Tower of London. Dan ini ditambah bonus satu lagi yakni ikon kota London, the Tower Bridge yang terkenal itu. So, are you IN or OUT?