Featured Post

Mudahnya perpanjang STNK dengan eSAMSAT

Awalnya saya menyangka STNK motor saya itu habis masa berlakunya bulan Juni ini. Ternyata oh ternyata setelah dilihat lagi, tanggal berlaku...

Oct 28, 2014

Camping di Curug Pangeran, Gunung Salak




Kalau orang ditanya liburan ke daerah yang dingin tapi deket Jakarta dimana? orang pasti menjawab Puncak. Namun sebenarnya selain puncak masih ada daerah yang tak kalah menarik untuk berlibur di daerah dingin, yakni di daerah kaki Gunung Salak.

Beda antara kawasan Puncak dengan kawasan kaki gunung Salak adalah "menu utamanya" ^_^. Kalau di Puncak menu utamanya adalah perkebunan teh yang luas, maka di G. Salak, menu utamanya adalah Curug alias Air terjun.

Di kawasan wisata kaki g. Salak ini banyak sekali Curug. Ada Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Ngumpet, Curug Pangeran, dan banyak lagi. Adapun fasilitas penunjangnya sangat lengkap. Di kawasan ini banyak disewakan Villa-Villa
berbagai kelas. Mulai kelas Resort sampai kelas Villa pribadi.

Selain Villa, terdapat juga Camping Ground. Camping Ground ini biasanya dekat dengan salah satu Curug, sehingga selain Camping kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan Air Terjun.


Saya pernah camping di salah satunya yakni Camping Ground Curug Pangeran. Tempatnya lumayan luas dan menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Selain lapangan untuk mendirikan tenda, ada juga Barak-barak, dan gubuk-gubuk etnik yang bisa digunakan sebagai tempat menginap.

Lapangan untuk Camping

Barak dengan kamar mandi di sampingnya

Gubuk Etnik untuk menginap, bisa muat 7 orang

Bagian dalam Barak

Dan tentu saja tidak terlewatkan, Curugnya itu sendiri:

Curug Pangeran

Rute Transportasi
Untuk mencapai Curug Pangeran ini, kalau kita naik kendaraan umum dari Jakarta, paling enak naik kereta. Turun di Stasiun Bogor. Lalu dari stasiun Bogor naik angkot jurusan terminal Bubulak/Laladon.

Dari terminal Bubulak/Laladon, lanjut angkot yang ke arah Leuwiliang. Nanti turunnya di pertigaan Cibatok. Di pertigaan ini, ada jalan ke kiri yang naik ke atas. Disini kita bisa naik angkot. Namun angkotnya tidak sampai ke Curug. Saya nggak tahu nama daerah tempat angkot berakhir. Dari situ kita bisa sambung Ojek sampai ke Curug Pangeran.

Kalau kita naik kendaraan pribadi, dari Jakarta kita ke Tol Jagorawi, keluar di pintu tol lingkar luar Bogor. Setelah fly over yang cukup panjang, ketemu lampu merah pertama yang ada LOTTE, kita belok kiri ke Taman Yasmin. Lalu lurus sampai terminal Bubulak, lalu belok kanan. Kalau disini rada keder belok-beloknya, tanya saja arah ke Kampus IPB Dramaga. 

Ikuti jalan itu sampai lewat kampus IPB Dramaga, jalan lurus sampai pertigaan Cibatok. Di pertigaan Cibatok ini kita belok kiri, ikuti jalan naik ke atas. Jarak dari pertigaan Cibatok ke Curug Pangeran kurang lebih 15 km.

Biaya:
Memasuki kawasan wisata kaki G. Salak ini, kita harus membeli karcis masuk  Rp. 7500/orang. Di Curug Pangerannya sendiri ada beberapa biaya. Kalau kita hanya ingin mengunjungi Curugnya, kita harus membayar Rp. 3000/orang. Kalau mau Camping bawa tenda sendiri, kita bayar sewa lahan Rp. 10.000,-/orang/malam. Kalau mau menyewa Gubuk kapasitas 7 orang, tarifnya Rp. 300.000/unit/malam. Kalau barak, kalau tidak salah Rp. 1.200.000/malam. 

Di situ juga terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan, baik makan berat (nasi + lauknya) maupun makanan ringan.

So kalau ingin berlibur ke tempat dingin tapi bosan ke Puncak, bisa coba kawasan wisata G. Salak ini.

@aa_irpan

Bonus: suasana malam ketika camping ^_^