Featured Post

Legenda Olah Raga Indonesia

Pada masa kejayaannya, dunia olah raga Indonesia menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kawasan Asia bahkan dunia. Atlit-atlit Indonesia d...

Jun 30, 2015

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Prosedur
Prosedur-prosedur
Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
  • STNK Asli
  • KTP Asli sesuai dengan nama di STNK

Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun
di SAMSAT Kab. Bogor, Cibinong ini tidak diharuskan bawa BPKB. Mungkin aturanya sudah berubah, gak harus bawa BPKB lagi kayaknya.

Setelah memarkirkan motor di bagian samping gedung SAMSAT, saya masuk dari Pintu sebelah Kanan. Tepat setelah pintu, disebelah kiri ada loket pengambilan Nomor Atrian. Saya bilang:"Mau perpanjang STNK pak"ke bapak yang menjaga loket sambil menyerahkan BPKB, STNK dan KTP. Kata bapaknya: "pake map ya.". Oh pantesan orang-orang pada bawa map ^_^. Saya diberitahu, map itu bisa di beli di tukang foto copy, yang ada di samping kanan gedung.

Saya ke tukang foto copy dulu, beli map Rp. 2rb. sama tukang foto copy, KTP Asli dan STNK asli di staples langsung ke map bagian luar. kita juga diberi plastik baru untuk menyimpan STNK.

Setelah itu saya kembali ke loket pengambilan nomor Antrian. Disitu saya diberi formulir. Formulir tersebut kita isi dengan nama, alamat dan nomor polisi kendaraan. Setelah mengisi formulir kita menuju ke Loket 1, loket pendaftaran dan pemeriksaan berkas.

Di loket 1, map diterima oleh seorang petugas. Formulir yang kita peroleh dari loket nomor antrian, dibagi dua, satu tetap menempel di map, dan yang satu lagi diserahkan ke kita. Pada formulir itu tertera nomor antrian kita.

Formulir Pendaftaran dan Nomor Antrian
Formulir Pendaftaran dan Nomor Antrian

Tahap berikutnya adalah menunggu nama kita dipanggil di depan loket 2. Loket 2 ini adalah loket pembayaran. Di depan loket 2 tersedia bangku-bangku untuk kita duduk menunggu. Tidak sampai 15 menit menunggu, nama saya dipanggil. Di loket, kita diberitahu oleh petugas besarnya pajak kendaraan kita. Tadi saya membayarnya telat. Tanggal jatuh tempo yang tertera di STNK adalah tanggal 3 Juni 2015, ini saya membayar tanggal 30 Juni 2015 ^_^. Saya kena denda 1 bulan keterlambatan sebesar 35rb.

Bukti Pembayaran
Bukti Pembayaran

Setelah membayar, kita menunggu lagi. Kali ini didepan loket 3. Loket ini adalah loket penyerahan STNK yang sudah diperpanjang. Menunggunya gak lama juga, gak sampai 15 menit sudah dipanggil. STNK Baru sudah saya terima.

Selesai.

Simpel dan cepat.

Tapi tetep aja saya kepikiran, coba perpanjang STNK alias bayar pajak ini bisa dilakukan secara online. Jadi orang gak perlu ke kantor SAMSAT. cukup bayar pake online banking atau ATM. kan lebih enak lagi. ^_^

Btw, bagi yang akan mengurus berbagai hal di kantor SAMSAT kab. Bogor, di Cibinong. Berikut petanya. patokannya adalah Stadion Persikabo, kab. Bogor.


 Letaknya di dalam komplek kantor-kantor pemerintahan Kab. Bogor. Agak masuk-masuk gitu. Kalau kita dari Jakarta / dari Bogor, kita bisa masuk dari Jalan Raya Bogor. Masuk ke Jl. Raya Tegar Beriman. Setelah lewat mesjid, muter balik. Masuk ke Jl. Bersih. Lurus terus sampai mentok, belok kanan. Setelah itu, belok kanan lagi, masuk ke gerbang besar. Ikuti jalan sampai mentok, belok kiri. Disitu kantor SAMSAT. Di kiri jalan.


Baca juga:

***