Featured Post

Mudahnya perpanjang STNK dengan eSAMSAT

Awalnya saya menyangka STNK motor saya itu habis masa berlakunya bulan Juni ini. Ternyata oh ternyata setelah dilihat lagi, tanggal berlaku...

Apr 25, 2016

Yayasan Garuda Nusantara

Yayasan Garuda Nusantara
Yayasan Garuda Nusantara

Garuda Nusantara adalah singkatan dari Gabungan Rumpun Pemuda Nusantara. Yayasan ini merupakan sebuah wadah pembinaan Remaja, dengan pengabdian pada Alam dan Lingkungan. Didirikan pada hari Jum'at tanggal 14 Februari 1985. Terdaftar pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 1986 dengan Akte Notaris Nomor : 094. Tertanda Notaris : Ny. SITI PERTIWI HENNY SHIDKI, SH.

Alamat Sekretariat : Jl Darmawangsa X No. 1 k ebayoran baru Jakarta Selatan 12160. Tel ( +61 21) 7262701, 7243913 - Fax. ( +61 21) 7243913.
Email : garuda_nusantara@gmx.com

Yayasan Garuda Nusantara didirikan oleh Ully Hary Rusady, Mayke Rusady dan Hary Tranggono. Sebagai Pimpinan adalah Ully Hary Rusady. YGN berazaskan Pancasila dan UUD '45. dan bergerak dalam bidang sosial serta tidak berorientasi politik. Yayasan ini dibentuk dengan tujuan dasar membentuk aktifitas dan kreatifitas "Sumber Daya Manusia" Remaja Indonesia dengan mengarahkan kegiatannya untuk aksi nyata Konservasi Alam dan Lingkungan , disamping menyalurkan bakat anggota ke arah kegiatan yang positif.

MAKSUD DAN TUJUAN YAYASAN GARUDA NUSANTARA

Meningkatkan kemandirian, kepemimpinan dan kepribadian; Meningkatkan keberanian, ketangguhan dan kedisiplinan; Meningkatkan ketahanan budaya bangsa; Meningkatkan rasa cinta kepada alam dan tanah air; Mempererat tali persaudaraan antara kalangan dan suku bangsa.

SASARAN

Pembinaan Pemuda u/ P3SD Berkelanjutan.

Yayasan Garuda Nusantara, terdiri dari 5 Departemen:
  1. Departemen Seni / GNS.
  2. Departemen Olah Raga / GNOR.
  3. Departemen Luar Biasa / GNLB.
  4. Departemen Keputrian / GNK.
  5. Departemen Cinta Alam / GNCA
***

Expedisi Penyelamatan Mata Air (EPMA)


Expedisi Penyelamatan Mata Air (EPMA)
Expedisi Penyelamatan Mata Air (EPMA)

Air merupakan kebutuhan dasar umat manusia. Sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk, kebutuhan ketersediaan air untuk berbagai kepentingan terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Sementara ini jumlah mata air semakin berkurang karena kerusakan lingkungan hutan dan perubahan iklim. Punahnya beribu-ribu mata air ini menjadi bencana yang tidak terlihat oleh manusia, namun sangat terasa akibatnya.

Ekspedisi Penyelamatan Mata Air (EPMA) yang diprakarsai oleh Yayasan Garuda Nusantara merupakan satu usaha/ kebijakan yang strategis dalam mengurangi tekanan kerusakan, beban pencemaran areal lokasi mata air, sekitar mata air dan kawasan resapan air disamping mendorong upaya adaptasi terhadap dampak perubahan tata air akibat perubahan iklim.

Kebijakan ini merupakan bagian dari antara lain :
  • Upaya pemulihan kerusakan mata air/ penyelamatan mata air.
  • Menjaga dan melindungi kuantitas, kualitas dan kontinuitas debit air di DAS.
Keberadaan mata air tidak selalu dikawasan lindung atau kawasan hutan, karena telah ditemukannya sejumlah mata air dilahan penduduk, sempadan sungai, bantaran sungai, kawasan danau bahkan pantai.

Menurunnya jumlah mata air maupun debit volume air di berbagai mata air merupakan indikator adanya ancaman terhadap kelestarian keberadaan mata air.

Melalui Ekspedisi Penyelamatan Mata Air ini dilaksanakan berbagai program/ kegiatan antara lain : Pendataan lokasi mata air, pendataan debit/ kualitas air di mata air, pendataan budaya/ kearifan tradisional masyarakat lokal terkait air & lingkungan hidup, penanaman pohon keras tanaman ash daerah di kawasan mata air, bersih lingkungan seputar mata air, baksos (pembuatan saluran, penampungan air, MCK/ Jamban, dll), penyuluhan LH tema mata air dan kegiatan lain yang disesuaikan dengan sikon masing¬masing daerah.

Sumber: Buku Acara Gala Premier film "My Journey - Mencari Mata Air"