Featured Post

Legenda Olah Raga Indonesia

Pada masa kejayaannya, dunia olah raga Indonesia menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kawasan Asia bahkan dunia. Atlit-atlit Indonesia d...

Aug 10, 2016

Priceza, cari barang termurah dengan sekali klik

Berawal dari habisnya susu sikecil, saya mulai browsing-broswing di beberapa online shop untuk mencari susu dengan harga termurah. Saya buka website online shop A, buka kategori yang ada susunya, lalu scroll kebawah buat melihat berbagai merk dan harga susu. Kemudian saya juga buka online shop B, kali ini langsung menggunakan kolom ‘search’ , mengetikkan merek susu yang saya cari di kolom tersebut, tampil ada sekitar 64 susu merek yang dimaksud dengan berbagai harga. Kok bisa ya, barangnya sama harganya beda?

Market Place Online Shopping
Market Place

Wah kalau ini kita mesti rada mundur  kebelakang sedikit ^_^. Di dunia peronline shop-an ada yang disebut dengan marketplace. Untuk memahami apa yang disebut dengan marketplace tersebut
, mari kita bayangkan sebuah pasar atau mall. Sebuah Mall, didalamnya ada banyak toko, toko baju, toko sepatu, toko souvenir, restaurant, sampai bioskop dan arena permainan anak. Nah, marketplace ini kurang lebih sama dengan Mall, dimana didalam marketplace tersebut terdapat banyak “Toko”. Biar lebih maksud, kita ambil contoh beberapa nama online shop besar seperti bukalapak.com, tokopedia.com, blibli.com, lazada.co.id, mataharimall.co.id dan banyak lagi. Nama-nama onlineshop besar ini mereka tidak menjual barang-barang sendiri, tapi menjadi semacam “mall” dimana didalamnya banyak toko yang menjual berbagai macam barang, dan tak jarang ada beberapa toko yang menjual barang yang sama, namun memasang harga yang berbeda.

Kembali ke cerita susu, karena hasil pencarian susu saya menampilkan hasil yang cukup banyak, saya harus meneliti satu-persatu susu yang ditampilkan. Dan yang saya cari adalah yang paling murah ^_^

Meski dalam satu halaman saya sudah menemukan susu yang harganya paling murah, saya tetep penasaran untuk membuka halaman berikutnya, siapa tahu ada penjual yang memasang harga lebih murah lagi. Ternyata di halaman kedua ada yang lebih murah dikit dari yang termurah di halaman pertama. Tentu saja saya senang dan jadi tambah penasaran untuk membuka halaman berikutnya, siapa tahu ada yang lebih murah lagi. Dan tak cukup di satu online shop, saya buka online shop ‘toko sebelah” dan melakukan hal yang sama, cari barangnya lalu cari harga yang paling murah, buka halaman demi halaman. Dan seterusnya.

Tak terasa aktifitas mencari susu ini menghabiskan waktu setengah jam sendiri. ^_^

Kalau kita lagi senggang sih, yang begini ini gak masalah. Kita seneng-seneng aja melihat berbagai barang yang dijual. Namun ada kalanya kita sedang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk melakukan pencarian harga termurah dengan membuka beberapa website online shop dan membuka halaman demi halamannya. Kalau ada yang bisa bantu cariin harga termurah enak kali ya, seperti aplikasi yang sering diiklanin di TV seperti traveloka itu. Tapi traveloka itu untuk mencari hotel.

Setelah browsing-browsing, ternyata ada lho yang seperti Traveloka, tapi untuk online shoping barang-barang. Dia adalah priceza. Priceza ini ngebantu kita mencari harga termurah atau diskon terbaru untuk suatu item.

Priceza
Priceza

Gimana caranya?

Jadi di “dapurnya” priceza itu, dia punya program yang membandingkan harga-harga suatu barang di berbagai market place, lalu mencari harga termurah atau diskon terbaru. Lalu hasilnya di tampilkan ke kita. Tentu saja ini bisa sangat membantu kita untuk mencari barang dengan harga termurah tanpa harus membuka halaman pencarian satu-persatu.

Enak kan?

Untuk mengakses priceza, kita bisa menggunakan web browser seperti firefox, google chrome, dsb, atau kalau di gadget, kita bisa mendownload aplikasinya dan memasangnya di gadget kita. Suatu ketika kita butuh barang dengan harga termurah, tinggal buka app-nya, search, dapet deh yang termurah.

Happy shopping ^_^