Featured Post

Legenda Olah Raga Indonesia

Pada masa kejayaannya, dunia olah raga Indonesia menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kawasan Asia bahkan dunia. Atlit-atlit Indonesia d...

Aug 3, 2017

Susuri teknologi mobil impian di pameran mobil internasional



"GIIAS 2017 - Rise of the future mobility"

Bagi yang sudah "inget" di tahun 90-an, tentulah punya kenangan tersendiri dengan film-film serial TV yang keren pada jaman itu. Kala itu masa-masa awal adanya stasiun TV swasta, dan yang paling pertama ada adalah RCTI. Masih ingat kalau hari Rabu malam jam 20:00, akan diputar film KIT alias "Knight Rider". Film serial TV ini bercerita tentang pahlawan penumpas kejahatan yang dibantu mobil super canggih bernama KITT.

Knight Industry Two Thousand (KITT)
Mobil KITT ini bagaikan benteng berjalan. Body mobil, kaca mobil sampai bannya pun, itu anti peluru, anti api bahkan anti ledakan. Selain itu mobilnya bisa berbicara, bisa nyetir sendiri, bisa datang sendiri kalau dipanggil. Bisa mengeluarkan senjata dan berbagai perlengkapan lainnya, pokoknya canggih sekali.

Penampilan mobilnya pun ramping dan futuristik. Pada bagian depan di ujung kap mobil, terdapat pemindai serbaguna yang menyala kelap-kelip. Pemindai ini kemudian menjadi ikon dari sang mobil super, KITT. Untuk dunia pada masa itu, KITT adalah mobil hebat yang datang dari masa depan.

Pada link https://en.wikipedia.org/wiki/KITT, dirinci berbagai teknologi dan perlengkapan KITT menurut cerita di filmnya. Tentu saja ini bukan teknologi nyata yang ada pada dekade tsb. Ini hanyalah teknologi di dunia fiksi ilmiah saja.

KITT Vs. KARR. sumber: pinterest
Jika membaca daftar teknologinya, kita akan terpukau oleh berbagai kehebatannya. Pada mobil ditanamkan kecerdasan buatan yang menjadikannya bisa diajak berbicara, mulai dari obrolan ringan sampai diskusi serius untuk memecahkan masalah. Terus ada teknologi Tri-Helical Plasteel 1000 MBS yang menjadikan mobilnya bak benteng berjalan, tidak mempan ditembak maupun dibakar bahkan bom pun tidak berpengaruh padanya. Ada lagi rocket booster, perangkat sinar X yang membuatnya mampu melihat tembus pandang, bisa menembakkan laser, dan banyak lagi.

Sayangnya semua itu hanya ada di dunia fiksi saja.

Kini, puluhan tahun telah berlalu sejak film KITT ini pertama kali mengudara (1982), capaian teknologi dan peradaban manusia telah berkembang sangat pesat. Di seputar dunia otomotif, berbagai terobosan dan teknologi pun tak kalah pesat.

Berbagai sensor yang ditanam pada mobil. sumber: edn.com

Jika kita membaca-baca seputar teknologi mobil, banyak sekali teknologi yang kini tengah dikembangkan, diantaranya:

  • Berbagai jenis sensor yang ditanam disekeliling mobil untuk berbagai keperluan.
  • Det├ęktor kondisi pengemudi untuk memantau kondisi kesehatan pengemudi.
  • Mesin Hybrid, mesin yang memungkinkan mobil bisa jalan dengan menggunakan BBM maupun listrik.
  • Connected car (V2I and V2V). Mobil dilengkapi sistem komputer dan komunikasi yang memungkinkan mobil terhubung ke infrastruktur (V2I – Vehicle to Infrastructure) maupun mobil terhubung dengan mobil lainnya (V2C – Vehicle to Vehicle). V2I dan V2V ini akan sangat bermanfaat dalam operasional mobil, seperti misalnya memantau kemacetan jalan, menghindari tabrakan, dll.
  • Biometric. Mobil dilengkapi sistem biometric yang akan mendeteksi biometric manusia, seperti sidik jari, suara, struktur wajah, dll. Nantinya biometric ini dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti misalnya menyalakan mobil, jadi mobil hanya bisa dinyalakan oleh orang yang mempunyai mobil tersebut. Ini berguna untuk mencegah pencurian 
  • dll

Daftar diatas hanyalah sedikit saja dari teknologi-teknologi terbaru di dunia otomotif. Sebagian sudah ada yang diimplementasikan pada mobil yang dijual di pasaran, dan sebagian masih terbatas pada mobil-mobil konsep.

Nah, kalau misalnya kita ditanya, diantara sederet teknologi mobil masa depan tersebut, mobil seperti apakah yang kita inginkan?

Wah, jawaban untuk pertanyaan ini cukup subjektif ya. Tiap orang pasti mempunyai jawabannya yang berbeda-beda.

Dan kalau saya ditanya, teknologi apa saja yang ada pada mobil impian saya? Jawaban saya cukup banyak, namun saya akan mengelompokkannya pada 3 kategori, yakni:

  • Mesin dan konstruksi
  • Keamanan
  • Kenyamanan

1. Mesin dan konstruksi mobil.

   Mobil impian saya memiliki mesin yang powerful namun efisien. Dan hebatnya, mobil impian saya ini bisa dijalankan dengan BBM, bisa dengan baterai, atau menggunakan bahan bakar air. Bagaimana bisa? Ya, tentu saja bisa. Well, sebenarnya mobil impian saya ini mesinnya adalah mesin Hybrid, sehingga bisa beroperasi dengan menggunakan BBM, bisa juga dengan listrik. Adapun bahan bakar air maksudnya, dalam mobil impian saya terdapat Fuel Cell, yakni generator listrik yang memanfaatkan reaksi Hidrogen dan Oksigen. Nah, Hidrogen ini didapatkan dari pemecahan molekul air menjadi atom Oksigen dan atom Hidrogen. Oleh karena itu mobil ini bisa juga diisi air sebagai bahan bakarnya.


Teknologi hybrid
Teknologi hybrid
Terus lagi, pada body mobil. Body dari mobil impian saya itu terbuat dari bahan yang bisa merubah sinar matahari menjadi listrik, alias sel surya. Hebatnya lagi, sel suryanya sudah berteknologi tinggi. Dia mempunyai efisiensi besar, sehingga banyaknya energi sinar matahari yang bisa dirubah menjadi listrik bisa lebih maksimal. Dengan demikian, setiap jengkal badan mobil yang terkena sinar matahari, baik di atas, di depan, belakang maupun di samping, pokoknya bagian manapun yang terkena sinar matahari, bisa menghasilkan listrik. Lumayan kan, bisa sambil jalan sambil mengisi baterai, atau sambil parkir dijemur, sambil mengisi baterai.

Flexible Solar Cell
Flexible Solar Cell
Satu lagi yang tidak kalah hebat; beberapa waktu lalu, para ilmuwan menemukan bahan yang bisa merubah panas langsung menjadi listrik! Seperti kita ketahui, pada mesin mobil, banyak sekali bagian yang menghasilkan panas. Yang paling gampang diketahui itu Knalpot dan Blok mesin. Nah, bagian-bagian yang menghasilkan panas ini, dibungkus atau dilapisi bahan temuan ilmuwan tadi. Sehingga panas yang dihasilkan bisa terisolasi dan dirubah menjadi listrik.

Thermoelectric
Solid-state Thermoelectric. sumber: phys.org
Apa lagi? System Rem. Sekarang ini sedang berkembang  system rem yang memanfaatkan proses pengereman ini supaya menghasilkan listrik. Namanya sistem Regenerative Brake. Sistem ini pada intinya merubah mekanisme pengereman yang tadinya menggunakan mekanisme penjepitan kanvas rem ke piringan rem, menjadi mekanisme roda dihubungkan ke generator listrik. Dengan demikian, ketika mobil di rem, alih-alih menjepitkan kanvas rem ke piringan rem, si roda dihubungkan ke generator listrik, dan energi gerakan maju mobil digunakan untuk memutar generator. Dengan sistem ini, mobil jadi berhenti karena kelajuannya “ditahan” oleh generator, dan generator diputar oleh kelajuan mobil sehingga menghasilkan listrik, cerdik bukan?

Regenerative Brake
Diagram proses Regenerative Brake. sumber: quora.com

Pendeknya mobil impian saya ini sangatlah efisien. Semua hal, sekecil apa pun yang bisa dijadikan listrik, dia jadikan listrik, yang kemudian listrik tersebut disimpan, untuk digunakan sebagai tenaga penggerak mesinnya.

2. Keamanan

   Tubuh manusia dirancang oleh Allah lengkap dengan pelindungnya, otak dilindungi oleh tengkorak, paru-paru dan jantung dilindungi oleh rusuk, dsb. Namun pelindung-pelindung tersebut mempunyai batasan kemampuan. Ketika manusia mengendarai mobil dan mengalami kecelakaan, maka pelindung-pelindung alami tadi tidak bisa menahan besarnya daya kerusakan yang timbul akibat kecelakaan.

Karenanya demi keselamatan manusia, maka mobil haruslah dirancang dengan pertimbangan keselamatan yang maksimum. Mulai dari rangkanya, mesinnya, bahan-bahan pendukung lainnya, dsb. Selain itu, wajib juga ada berbagai perlengkapan yang bisa mencegah atau meminimalkan resiko terluka bahkan korban jiwa, seandainya terjadi kecelakaan.

Volvo Crash Test
Uji tabrakan. sumber: wired.com
Lalu, mobil impian saya bisa berkomunikasi dengan system pengawas lalulintas, sehingga bisa memonitor arus lalulintas sampai berkilo-kilo meter kedepan. Contoh kasusnya begini: mobil impian saya tengah melaju, system keamanan yang tersambung ke pengawas lalulintas, menangkap  ada motor yang melaju kencang, posisinya 2 Km di depan. Kalau dengan formasi mobil dan kecepatan yang sekarang, diprediksikan bisa terjadi tabrakan di titik tikungan 300 meter di depan. System lalu memberikan saran-saran untuk mencegah terjadinya tabrakan tsb.  Dengan prediksi dan saran-saran seperti ini, saya bisa mengambil langkah penyelamatan dan menghindarkan terjadinya tabrakan.

Honda Sensing
Sistem pemantau lalulintas. sumber: extremetech.com

Dan satu hal lagi tentang sistem keamanan yang ada pada mobil impian saya, yakni suar darurat (Emergency Beacon). Emergency Beacon (EB) ini berfungsi sebagai pengirim sinyal SOS pada pihak yang terkait, seperti SAR, Rumah Sakit dan Polisi. Ketika mobil mengalami kecelakaan, EB akan aktif dan mengirim sinyal lokasi kejadian, sehingga pihak-pihak yang terkait tadi jadi tahu bahwa telah terjadi kecelakaan di titik koordinat yang dikirim oleh EB.

Namun jangan salah sangka dulu EB ini bukan alat pelacak, maksudnya, EB akan bekerja hanya jika  terjadi kecelakaan, jadi sama seperti Air Bag yang keluar hanya ketika terjadi kecelakaan. Kalau mobil tidak mengalami kecelakaan, EB ini tidak aktif, sehingga tidak akan disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Distress Beacon Cospas-Sarsat
Distress beacon. image courtesy: Cospas-Sarsat
3. Kenyamanan

  Yang ketiga baru kenyamanan, dan termasuk dikategori ini adalah estetika. Mobil impian saya penampilannya maskulin, saya menyebutnya Alpha Male. Namun meski gahar, interior di dalamnya dirancang supaya membuat penumpangnya betah. Dan hal ini erat juga kaitannya dengan keselamatan, karena suasana mobil yang nyaman dengan segala fasilitasnya, akan membantu memelihara kondisi pengendara khususnya pengemudi, sehingga tidak cepat lelah.

Alpha Male
Penampilan mobil maskulin. sumber: pinterest
Untuk urusan entertainment alias hiburan, mobil impian saya didalamnya terdapat display. Tapi bukan display sembarang display, karena display di mobil impian saya tidak berbentuk kotak layar, tapi, seluruh langit-langit dan kaca mobil berfungsi sebagai display. Misalnya, saya sedang jalan malam hari, langit cerah sehingga bintang –bintang dan galaksi Bima Sakti bisa terlihat dengan jelas dan indah. Untuk bisa menikmati pemandangan diluar, saya tidak perlu membuka sunroof, cukup aktifkan langit-langit supaya menjadi display, dan tadaaa… saya bisa menikmati langit malam bertabur bintang tanpa harus membuka sunroof. Langit-langit mobil saya menampilkan video real time pemandangan di luar mobil. Video ini direkam oleh kamera-kamera yang tersebar di sekeliling mobil.


Plane Interior Display
Interior pesawat terbang dengan display canggih. sumber: vice.com
Mobil impian saya ini mampu menerjang segala medan, mau hang out di kota ayo, mau blusukan off road juga ok.  Kebetulan saya suka outdoor activity, memiliki mobil berkemampuan off road pastilah sangat berguna.

Karena bisa off road, maka mobil impian saya ini dilengkapi sarana komunikasi yang langsung terhubung ke satelit, jadi tidak tergantung pada menara BTS. Sehingga meski mobil sedang di rimba belantara atau di tengah padang pasir yang jauh dari peradaban, saya tetap bisa berkomunikasi dengan baik.

Ok, mobil dengan teknologi yang seperti mobil impian saya ini, meski teknologinya sekarang sudah ada, namun belum tentu ada mobil keluaran pabrik yang sudah memiliki semua teknologi tersebut. Namun saya yakin, mobil-mobil keluaran terbaru, sudah memiliki teknologi-teknologi yang paling canggih.

Namun seperti apa sih sebenarnya teknologi-teknologi yang terpasang pada mobil keluaran terbaru? Kita pastinya penasaran ingin tahu.Nah, salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mendatangi pameran mobil. Kebetulan dalam waktu dekat akan diselenggarakan pameran mobil GIIAS 2017. Pameran yang telah berlangsung sejak tahun 1986 ini menjadi sarana bagi produsen mobil untuk memperkenalkan terobosan-terobosan teknologi mereka. Dan tentu saja, ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk lebih mengetahui lagi berbagai fitur dan fasilitas dari mobil-mobil keluaran terbaru.

***

PS:
Berikut adalah berbagai tulisan yang jadi bahan referensi tulisan ini:
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Water-fuelled_carhttps://phys.org/news/2016-12-devices-electricity-closereality.html
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Regenerative_brakehttps://www.digitaltrends.com/cars/road-rave-how-graphene-could-revolutionize-automobiles/
  • https://www.indiegogo.com/projects/solarlayer-every-surface-is-a-solar-panel#/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Vehicular_communication_systems
  • http://auto.howstuffworks.com/future-car-biometrics.htm
  • https://www.electronicsweekly.com/market-sectors/automotive-electronics/ces-autonomous-cars-sensors-make-safe-2017-01/
  • http://www.johnshopkinshealthreview.com/issues/fall-winter-2016/articles/spray-on-solar-cells
  • https://phys.org/news/2016-12-devices-electricity-closer-reality.html
  • https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-conventional-braking-and-regenerative-braking-in-automobiles